My Official Forum | Members area : Register | Sign in

WorkFlow Dalam Aplikasi Manajemen Dokumen Elektronik

Workflow adalah suatu proses kerja/bisnis yang sistematis dimana dokumen atau informasi yang di buat, dialirkan dari satu pihak ke pihak yang lain untuk tindakan lanjutan menurut suatu aturan atau prosedur tertentu yang telah disepakati bersama dalam sebuah organisasi/perusahaan.

Pada umumnya Workflow dalam aplikasi manajemen dokumen elektronik di bangun untuk memudahkan dan mempercepat tibanya dokumen kepada orang-orang yang memiliki kewenangan otorisasi agar dapat segera memberikan persetujuan terhadap dokumen yang akan dipublikasikan. Dalam perjalanannya sebelum dokumen mendapatkan persetujuan dari semua pihak, akan terjadi proses revisi, masukan, reject, cancel dll yang alurnya pun sudah di rancang dalam aplikasi tersebut.

Ada beberapa cara agar pihak yang memiliki kewenangan otorisasi dapat mengetahui apakah dokumen yang akan di approval tersebut sudah sampai kepadanya atau belum (in progress), yaitu dengan adanya notifikasi email dan atau login ke Aplikasi DMS itu sendiri. Dalam pemberian approval juga akan ada due date kapan dokumen jatuh tempo untuk di approve apakah 1 hari atau 1 minggu tergantung rancang bangunnya.

Dengan menggunakan workflow dalam aplikasi manajemen dokumen elektronik, ada beberapa manfaat yang dapat kita peroleh yaitu diantaranya:
  1. Kemudahan distribusi dokumen yang akan dipublikasikan untuk disetujui secara elektronik kepada orang-orang yang memiliki kewenangan otorisasi, tidak perlu lagi dokumen di kirim secara manual.
  2. Persetujuan atau penolakan dokumen oleh pihak yang terkait dapat segera dilakukan dan diketahui.
  3. Tidak tergantung pada waktu dan tempat, bisa kapan dan di mana saja untuk melakukan approval dokumen, jika aplikasi DMS tersebut sudah berbasis web.
Contoh sederhana workflow di suatu perusahaan dalam hal proses klaim biaya pengobatan karyawan, dapat kita lihat di bawah ini:

 Anda dapat melihat proses pembuatan workflow dalam aplikasi DMS pada Demo Movie berikut ini:


Sumber Data Demo Movie Workflow : www.practicalprograms.com

4 komentar:

  1. Dari penjelasan saudara, workflow dapat di desain sesuai dengan keperluan di perusahaan kami?

    BalasHapus
  2. Bisa anda berkunjung ke kantor kami untuk presentasi lebih lanjut? alamat kantor udh Saya kirim via contact us.

    BalasHapus
  3. Please Hubungi kami secepatnya, kami ada kebutuhan untuk DMS ini.

    BalasHapus
  4. dapat outsourching scanning ga?

    BalasHapus